Tips Mudah Ganti Oli Kendaraan Sendiri Tanpa Perlu ke Bengkel

No Comments
Pada umumnya setiap menempuh 5000 km perjalanan kendaraan sangat disarankan untuk melakukan penggantian oli agar performa kendaraan dapat terjaga dengan baik. Bagi Anda yang malas pergi ke bengkel, berikut ada beberapa cara mudah ganti oli motor tanpa harus pergi ke bengkel. Jadi Anda tak perlu merasa bingung lagi ketika hendak mengganti oli motor kendaraan.


Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan utama yang wajib Anda persiapkan ketika hendak ganti oli adalah kunci pas, filter oli, wadah oli bekas, alat buka pasang oli, dan oli baru yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Ketika hendak mengganti oli kendaraan, pastikan mesin motor sudah dalam keadaan dingin. Sebab jika panas hanya akan membuat oli menempel pada permukaan mesin.

Cek Kebocoran Sebelum Mengganti Oli

Sebelum melakukan pergantian, pastikan Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. buka bagian cap oli dan cek bagian stik oli, apakah oli lama Anda sudah berkurang atau belum. Jika oli Anda sudah berkurang 1 liter maka dikatakan normal. Sebab jika terjadi oksidasi dal pemanasan suhu pada ruangan mesin akan menyebabkan oli menjadi menguap.

Kuras Oli Lama

Jika semua persiapan sudah siap, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menguras oli lama. Pastikan Anda berhati-hati saat membuangnya, sebab suhu yang panas dapat melukai Anda. Selain itu Anda juga perlu berhati-hari saat membuat baut. Sebab hal ini akan berdampak pada oli yang bocor. Jika oli bocor tanpa sepengetahuan hal ini tentunya akan menyebabkan kerusakan.

Ganti Filter Oli

Setelah oli lama terkuras habis, sebelum mengisi dengan oli yang baru Anda perlu mengganti bagian filter dengan yang baru. Sebelum menggantinya ada baiknya Anda melumasi terlebih dahulu menggunakan oli yang baru. Hal ini bertujuan agar untuk menghindari kebocoran.

Pilih Oli yang Tepat dan Berkualitas

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengganti oli mesin dengan yang baru. Namun pastikan Anda selalu menggunakan oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Hal ini bertujuan agar kendaraan Anda tetap terjaga dan terawat dengan baik.

Nah di atas merupakan beberapa cara mudah ganti oli motor sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel. Pastikan Anda selalu menggunakan oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Iti.idemitsu.com merupakan salah satu rekomendasi pelumas terbaik untuk kendaraan Anda.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.