Tenaga Surya Untuk Solusi Kebutuhan Masa Depan

No Comments
Sewatama dengan panel surya terbaik menghadirkan berbagai jenis panel surya untuk kebutuhan Anda semua. Listrik merupakan media pendukung berbagai macam aktivitas manusia. Beragam aktivitas rumah tangga maupun industri besar yang dibutuhkan ialah listrik sebagai sumber energi utama. Masalah persediaan listrik sebenarnya bukan masalah besar bagi negara Indonesia.
Karena Indonesia mempunyai potensi yang berupa tenaga matahari atau tenaga surya yang bisa dikelolah menjadi pembangkit listrik.

Prinsip Dasar Listrik Tenaga Surya
Sinar matahari yang terserap oleh panel-panel tenaga surya kemudian akan disimpan terlebih dahulu sebelum diolah pada proses selanjutnya. Proses pengolahan yang mengubah foton menjadi energi listrik biasa dikenal dengan sebutan photovoltaic (PV). Semakin tinggi intensitas yang di dapat dari sinar matahari, akan semakin banyak juga jumlah listrik yang dihasilkan.
Keunggulan dalam mengelolah listrik tenaga surya ialah sifat ramah lingkungan. Dikarenakan proses pengolahan tidak membuat polusi  berisiko mengganggu ekosistem. Maka dari itu pengolahan listrik tenaga surya menjadi potensi besar yang harus dikembangkan semaksimal mungkin.
Mengenal Potensi Besar Listrik Tenaga Surya di Indonesia
Menurut Wilson Walery Wenas, PhD. selaku kepala laboratorium riset semikonduktor Institut Teknologi Bandung, bahwa potensi listrik tenaga surya di Indonesia harus diimbangi oleh dukungan dari pemerintah. Letak strategis di wilayah katulistiwa memicu Indonesia kaya akan sinar matahari. Paparan sinar matahari di tanah air bahkan dapat mencapai angka 2.000 jam pertahunnya
Pengembangan teknologi  surya harus mulai dijalankan secara mendalam sebagai alternatif pasokan listrik ramah lingkungan. Sehingga penyebaran pasokan listrik di seluruh wilayah tanah air dapat segera tercapai.
Upaya Pemerintah Mendukung Listrik Tenaga Surya
Tahun 2012, Kementerian Riset dan Teknologi mengatakan bahwa peningkatan energi hibrida (hybrid) memang cocok terapkan di negara kepulauan seperti Indonesia. Hal ini diwujudkan pada berbagai proyek percontohan pembangkit listrik tenaga hibrida.
Dan juga, konsep tenaga hibrida juga dapat diperoleh dari kombinasi antara diesel generator dan panel tenaga surya. Waktu pemakaian diesel generator (genset) menjadi jauh lebih singkat dan  juga semakin ramah lingkungan dikarenakan metodenya didukung oleh energi dari panel surya terbaik.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.