Tips Merawat Motor Yamaha Setelah Digunakan Mudik

No Comments
Setiap hari raya lebaran banyak orang-orang yang memilih untuk mudik ke kampung halamannya. Biasanya sebelum orang-orang memilih untuk pergi mudik, mereka akan memeriksa terlebih dahulu kondisi kendaraannya. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika anda sedang berada di perjalanan.




Khususnya bagi anda yang menggunakan motor yamaha, maka anda bisa memeriksa kondisi motor anda di bengkel service yamaha sebelum digunakan. Hal itu penting dilakukan agar ketika anda menggunakan motor tersebut untuk pergi mudik, anda nyaman memakainya walaupun dalam keadaan jarak yang cukup jauh.

Jika para pengendara memeriksa kondisi motor mereka sebelum bepergian, sayangnya tidak begitu pada saat pengendara tersebut pulang bepergian. Mereka tidak pernah mengecek kembali motor mereka, apakah ada kerusakan atau ada yang membuat motor tidak nyaman. Berikut ini beberapa tips untuk para pengendara motor yamaha, dalam merawat motor sepulang bepergian mudik.

Tips Merawat Motor Yamaha Sepulang Mudik

1.    Mencuci bersih kendaraan
Setelah motor kesayangan anda dipakai untuk pergi mudik jarak jauh, maka sebaiknya anda mencuci motor sampai bersih. Karena kerusakan pada spare part bisa disebabkan juga oleh kondisi motor yang kotor. Jadi sebaiknya cuci motor dari bagian di ruang mesin, sampai interior untuk kenyamanan anda sendiri.

2.    Melakukan service dan ganti oli

Oli adalah bagian dari motor yang paling sering diganti, apalagi jika motor habis dipakai bepergian jarak jauh. Sebelum pergi mudik, oli biasanya akan diganti tetapi banyak pengendara yang tidak menggantinya sepulang mudik. Maka sebaiknya anda membawa motor anda ke bengkel yamaha terdekat.

Kemudian anda bisa melakukan service dengan mengganti cairan-cairan, mengganti spooring roda, dan yang terpenting adalah mengganti oli agar performa motor anda tetap bagus dan nyaman dipakai. Sebisa mungkin anda mengganti oli setiap pemakaian jarak 5000 km.

3.    Memeriksa komponen rem dan kopling

Komponen yang satu ini adalah komponen yang paling diutamakan kondisinya, setiap habis dipakai mudik atau bepergian jauh. Yaitu komponen rem dan juga kopling. Karena biasanya perjalanan panjang dengan kecepatan tinggi, apalagi diselingi dengan kondisi jalanan yang macet akan membuat kopling dan kampas rem menjadi menipis.

Anda bisa mengganti komponen rem dan koping tersebut di bengkel yamaha yang lokasinya tak jauh dari tempat tinggal anda. Pergantian rem dan kopling ini sebaiknya anda lakukan setiap habis mudik, atau setiap habis bepergian jauh.

4.    Melakukan spooring roda

Di setiap perjalanan jauh misalnya mudik, bukan tidak mungkin motor anda menghantam jalanan yang rusuk atau jelek. Agar kendaraan tetap nyaman dipakai maka sebaiknya anda melakukan spooring roda, tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi roda atau velg yang anda gunakan apakah masih nyaman atau tidak.

5.    Melakukan tune up rutin

Merawat kendaraan tidak harus setelah melakukan perjalanan jauh, karena motor yamaha service bisa dilakukan setiap saat misalnya melakukan cek menyeluruh atau tune up rutin. Hal itu dilakukan agar kendaraan anda selalu fit dan selalu nyaman saat dipakai. Kini tersedia bengkel resmi yamaha di setiap kota untuk anda yang ingin menservice kendaraannya.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.