Inilah Langkah Mudah untuk Daftar dan Bayar BPJS Online

No Comments
Di era yang serba digital seperti sekarang, menemukan layanan pendaftaran dan bayar BPJS online tentu bukan hal yang cukup aneh karena memang segala sesuatunya bisa dilakukan melalui layanan online. Adanya layanan online tersebut tentu bisa menjadi sebuah solusi yang sangat praktis dan memudahkan bagi para pesertanya. Untuk melakukan pendaftaran tak perlu datang langsung ke kantor cabang BPJS terdekat. Anda bisa mendaftar secara online dengan persyaratan yang juga tak rumit.


Langkah Mudah untuk Daftar dan Bayar BPJS Online

Sebelum membahas tentang bagaimana cara bayar BPJS online, Anda sebaiknya juga mengetahui tentang bagaimana cara mendaftar sebagai peserta BPJS online. Ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan untuk mendaftar menjadi peserta BPJS seperti kepemilikan Kartu Keluarga, KTP tempat domisili, kartu NPWP, alamat lengkap serta nomor ponsel, nomor rekening bank yang digunakan untuk pembayaran iuran BPJS setiap bulannya, serta adanya koneksi internet tentunya. Beberapa bank yang bekerja sama dengan BPJS antara lain BRI, BNI, Mandiri, serta BTN. Anda bisa melakukan pembayaran iuran BPJS tiap bulannya.

Setelah menyiapkan beberapa persyaratan, Anda bisa mulai melakukan pendaftaran BPJS secara online. Pertama, pastikan laptop ataupun PC terkoneksi dengan internet dengan baik. Masuk ke alamat situs resmi BPJS. Pada laman situs tersebut terdapat kolom untuk melakukan pendaftaran peserta BPJS online. Setelah Anda memahami beberapa syarat dan ketentuannya, Anda bisa memberikan centang pada pernyataan bahwa Anda menyetujui persyaratan dan ketentuan yang ada. Langkah selanjutnya adalah bisa menekan kotak bertuliskan PENDAFTARAN. Proses selanjutnya adalah proses pengisian formulir pendaftaran dan simpan data yang telah dimasukkan, Anda bisa mendapatkan nomor registrasi member melalui notifikasi email. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk dengan klik link yang ada. Dalam hal ini, Anda perlu bayar BPJS online untuk iuran bulan pertama ke bank sesuai dengan nomor member Anda. Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan balasan dari pihak BPJS berupa kartu BPJS yang bisa Anda cetak sendiri dan dipergunakan saat dibutuhkan.

Bila Anda telah melakukan pendaftaran, Anda pastinya membutuhkan info tentang cara bayar BPJS online seperti apa untuk memudahkan pembayaran iuran setiap bulannya. Untuk melakukan pembayaran iuran BPJS secara online, Anda bisa menggunakan fasilitas ATM ataupun melalui layanan m-banking ataupun i-banking yang sangat praktis. Anda tak perlu datang ke loket pembayaran BPJS yang seringkali antri dengan para calon peserta ataupun peserta lain yang sama-sama ingin membayar iuran BPJS. Langkah-langkahnya pun hanya perlu mengikuti prosedur pada masing-masing bank yang digunakan apakah BRI, Mandiri, ataupun bank lain yang memang bekerja sama dengan BPJS. Pastikan Anda memasukkan nomor peserta ataupun data yang benar supaya proses pembayaran bisa berhasil.

Selain membayar melalui rekening bank, Anda juga bisa melakukan proses bayar iuran BPJS online melalui layanan pembayaran online.  Bahkan, kini Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui situs jual beli online yang snagat mudah. Beberapa kesempatan juga tersedia sejumlah promo dan voucher yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS dengan lebih terjangkau.
Adanya layanan BPJS ini tentu sangat memudahkan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan serta fasilitas pengobatan dan perawatan kesehatan yang lebih terjangkau bahkan bisa saja gratis. Tentunya setiap pesera BPJS memiliki kewajiban untuk membayar iuran tiap bulannya. Bila Anda menunda ataupun terlambat melakukan pembayaran maka kepesertaan Anda bisa saja dicabut. Namun demikian, Anda tak perlu khawatir karena kini Anda bisa dengan lebih mudah untuk melakukan proses pembayaran iuran BPJS. Anda bisa bayar BPJS online melalui beberapa cara yang telah disebutkan di atas.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.