Punya Background Desain Interior, Nabil Marie Kini Melebarkan Sayapnya di Bidang Arsitektur dan Kontraktor


Meraih sukses di usia muda tentu menjadi impian bagi banyak orang. Banyak anak muda yang rela melakukan berbagai hal untuk dapat mewujudkannya. Begitupun halnya dengan Nabil Marie Ibrahim, seorang pria berusia 26 tahun yang kini memiliki bisnis di bidang desain interior, arsitektur, hingga kontraktor. 


Namun, terdapat berbagai cerita dan pengalaman menarik yang telah dialami Nabil, sebelum akhirnya ia berada di titik sekarang ini. 

Lahir dari Pandemi: Bisnis Studio Arsitektur & Desain Interior Nabil Marie

Berbekal latar belakang pendidikan dan keahliannya di bidang Desain Interior, di tahun 2018, Nabil Marie memberanikan diri untuk memulai perjalanan bisnisnya menjadi seorang desainer interior bersama dengan pamannya, dan mengawalinya dengan beberapa proyek, mulai dari mengerjakan hunian, hotel, hingga rumah sakit. 


Saat itu, bisnis tersebut hanya ia anggap sebagai kegiatan sampingan yang ia lakukan sembari berkuliah S1. Namun, pada 21 Mei 2021 lalu, Nabil Marie bertekad untuk membuat bisnis secara mandiri, dan memutuskan untuk mengikuti program MBA entrepreneur di Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai penunjang keahliannya dalam berbisnis. 


Seiring berjalannya waktu, Nabil pun semakin gencar dalam melakukan penjualan sehingga mendorong dirinya untuk menjangkau target pasar hunian yang lebih luas, yakni dengan menekuni bidang arsitektur. 


“Di tahun 2021 ini saya fokuskan di penjualan, agar bisa mendapatkan lebih banyak modal untuk operasional bisnis,” Ujar Nabil Marie selaku CEO DAB Arch. 


Kerja keras Nabil pun membuahkan hasil. Di proyek pertamanya yang ia dapatkan sendiri, Nabil berkesempatan untuk merancang sebuah apartemen di Pasteur, yang ternyata membuka pintu kesempatan lebih luas bagi bisnisnya.


Bisnis Nabil yang semakin mengalami kemajuan ini pun membuatnya harus merekrut pegawai untuk mengefisiensi pekerjaannya, yang dimulai dengan satu orang pada bulan Juni dan berlanjut dengan penambahan tiga orang pada bulan Juli, juga beberapa freelancer. Bahkan, ia juga memiliki tenaga sipil untuk menunjang kinerja bisnisnya. 


Studio Desain Interior & Arsitektur Nabil Dalam Menghadapi Rintangan


Meskipun bisnisnya terus mendapati proyek dengan nilai yang tinggi, Nabil tak pernah berhenti belajar dan berinovasi. Di tahun 2022, Nabil mulai memfokuskan upayanya dalam meningkatkan penjualan dan menjaga kontinuitas bisnis dengan membangun branding dan membuat konten-konten pemasaran. 


Saat itu, ia mulai memikirkan soal nama, logo, karakter, dan tipografi yang dapat menjadi identitas bisnisnya, hingga terlahir sebuah brand bernama DAB Arch, studio desain dan arsitektur yang kini memiliki banyak followers di media sosial Instagram @dab.arch_ dan Tiktoknya @dabarch_. Hal tersebut pun membuat pria kelahiran 1997 ini harus terus berada di kantor, sehingga tidak mampu lagi untuk memegang proyek di lapangan. 


Melihat dirinya butuh bantuan, ia pun memutuskan untuk mempercayakan proyek di lapangan untuk di-handle oleh seseorang yang ia kenal, termasuk dalam hal mengatur tukang bangunan dan bahan material. 


Namun, siapa sangka, orang tersebut justru hanya mengecewakan kepercayaan Nabil karena menyebabkan banyak proyek menjadi terhambat, seperti pekerja bangunan yang telat dibayarkan, bahan material yang tak kunjung datang, dan progress proyek yang berlangsung jauh lebih lama dari target yang sudah ditentukan.

Puncak dari kejadian ini berlangsung tepat pada bulan Mei 2023, di mana orang kepercayaan Nabil yang berinisial A ini pergi dan hilang begitu saja, tanpa menyelesaikan tanggung jawabnya. 


“Dia membawa kabur uang proyek sebesar 600an juta rupiah, banyak tukang bangunan yang tidak dibayarkan haknya, dan semua proyek dibiarkan terbengkalai begitu saja,” Ucap Nabil Marie selaku CEO dari DAB Arch. 


Sejak saat itu, Nabil pun memutuskan untuk mengambil peran langsung di lapangan dan membenahi masalah tersebut.

Dari Desain Interior, Arsitektur, hingga Menjadi Kontraktor Terpercaya


Selalu ada hikmah di balik setiap kejadian, kata itulah yang cocok untuk menggambarkan kisah Nabil dalam meraih suksesnya.


Usai mengambil peran di lapangan dan menyelesaikan semua proyeknya yang terhambat, Nabil pun melihat adanya potensi besar yang membuat dirinya tergerak untuk menekuni bisnis di bidang kontraktor. 


Mengingat DAB Arch juga sudah memiliki tenaga sipil, ia pun tak ragu untuk menghadirkan jasa kontraktor agar bisa memberikan layanan one-stop-solution untuk para kliennya dan mampu menjangkau pasar hunian yang lebih luas lagi. 


Hasil tidak akan mengkhianati usaha, kerja keras Nabil selama bertahun-tahun membuahkan hasil yang nyata. Kini, studio desain interior dan arsitektur yang memiliki akun Instagram @dab.arch_ ini telah melayani hingga 200 klien dengan beragam desain terkini  yang sesuai dengan harapan mereka. 


Kisah perjalanan Nabil Marie menjadi bukti nyata bahwa ketekunan, kreativitas, dan semangat wirausaha dapat mengatasi segala rintangan, bahkan di tengah situasi paling sulit sekalipun.