Pilih S1 atau D3? Cari Tahu Perbedaannya disini!

1 comment

Setelah lulus SMA kamu tentu memutuskan untuk melanjutkan kuliah di universitas favorit. Saat kuliah, selain pentingnya memilih jurusan yang tepat kamu juga dihadapkan pada pilihan antara jenjang kuliah. Untuk diketahui jenjang kuliah yang sering diambil orang-orang saat ini adalah D3 dan S1. 


Perbedaan S1 Atau D3 Yang Harus Kamu Ketahui

Sebenarnya baik memilih jenjang kuliah S1 atau D3 itu sah-sah saja. Namun memang memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan, simak berikut ini.

1.  Lama Kuliah

Untuk  yang ingin lebih cepat lulus kuliah maka kamu bisa menjatuhkan pilihan pada jenjang D3. Untuk anak D3 biasanya lama perkuliahannya  lebih pendek, hanya 3 tahun saja dan kamu juga tidak akan dihadapkan pada pembuatan skripsi. 

Namun anak D3 tetap memiliki tugas akhir yang mirip skripsi tapi tidak terlalu berat. 

Sedangkan untuk anak S1 durasi perkuliahannya bisa 4 hingga 5 tahun lamanya. Ini juga tergantung pada berapa banyak mata kuliah yang tidak lulus jadi kamu perlu waktu lebih untuk memperbaiki nilai. 

Untuk kamu yang ingin menikmati belajar dan prosesnya sebaiknya memilih kuliah S1 saja. 

2.  Materi Kuliah

Untuk program perkuliahan S1 kamu akan diberikan banyak teori dan juga pemikiran ilmiah yang harus dipelajari dan dikembangkan. Tentu berbeda halnya ketika kami masuk perkuliahan D3 karena disana lebih banyak materi kuliah praktek. 

Anak S1 tentu harus memiliki banyak referensi bacaan untuk skripsinya nanti. 

Namun anak D3 tentu juga harus banyak membaca untuk meningkatkan skill. Tentu jangan dilupakan bahwa anak D3 harus mengerjakan laporan tugas akhir sebagai syarat lulus. 

3.  Pengajar

Untuk para pengajar di jenjang kuliah S1 biasanya, kegiatan utama para dosennya adalah melakukan penelitian selain mengajar tentunya. Karena sebagian besar dosen pengajar S1 tidak memiliki relevansi dengan bidang yang diajarnya. Berbeda dengan para dosen di jenjang kuliah D3. 

Para praktisi di jenjang ini biasanya terlibat langsung di bidang yang diajarnya. Misalnya saja untuk dosen broadcasting biasanya juga memiliki profesi sebagai wartawan. 

4.  Prospek Kerja

Untuk prospek kerjanya kamu tidak bisa membandingkan secara mutlak S1 atau D3 yang lebih cepat dalam mendapatkan pekerjaan. 

Hal ini tentu kembali lagi kepada skill dan koneksi yang kamu miliki. Tapi biasanya universitas untuk jenjang kuliah D3 memiliki jaringan kuat yang bisa menyalurkan mahasiswa ke perusahaan-perusahaan. 

Nah pada mahasiswa S1 beda lagi, biasanya ketika di semester 4 mahasiswa sudah dimasak untuk memilih disiplin yang cocok dengan skillnya. Bagi mahasiswa yang cerdas tentu bisa memilih disiplin untuk bekal saat melakukan magang dan menulis skripsi. 

5.  Masalah Penghargaan

Banyak yang beranggapan bahwa lulusan S1 lebih dihargai ketimbang kamu yang kuliah di jenjang D3. Hal ini tentu tidak benar sama sekali. Karena cukup banyak lulusan D3 yang memiliki pekerjaan tetap dengan gaji yang cukup memuaskan. 

Apalagi bagi kamu anak D3 yang berprestasi sejak kuliah. 

Hal ini tentu juga berlaku pada mahasiswa S1. Jadi baik lulusan S1 ataupun D3 akan tetap sama-sama dihargai dan tentu balik lagi ke kualitas masing-masing. 

Demikian beberapa perbedaan S1 atau D3 yang wajib kamu ketahui, apalagi bagi yang sedang bingung menentukan jenjang kuliah. Pada prinsipnya jika kamu memiliki skill yang mumpuni, baik S1 atau D3 tentu sama saja saat nanti memasuki dunia kerja.

Untuk rekomendasi tempat kuliah yang bagus, kamu bisa kuliah di Politeknik Sahid. Sebaiknya kamu segera melakukan pendaftaran Politeknik sahid sekarang juga dan jangan membuang waktu. 

Sekarang pendaftaran kuliah bisa kamu lakukan secara online melalui goKampus. Jadi  pendaftaran kuliah  2020 sudah tidak susah lagi karena ada aplikasi ini. 

Dengan aplikasi goKampus, selain info pendaftaran kuliah, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa.  Ada juga info mengenai layanan dana pendidikan untuk kamu yang memiliki masalah finansial. 

1 komentar:

The team’s development work has led to a rise in website traffic. Mobile design agencies a diligent and knowledgeable partner whose friendly style makes them easy to figure with.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.