Jenis-Jenis Toko Online Yang Wajib Anda Tahu

No Comments
Kini membuka usaha atau bisnis toko online sudah menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ada ratusan online shop yang berhasil mencapai keuntungan yang cukup besar dan ada banyak orang yang kini membuka usaha online shop diberbagai bidang. Beberapa macam online shop tersebut memiliki prinsipnya masing-masing.

Bahkan setiap online shop tersebut juga memiliki faktor risiko yang berbeda-beda, walaupun cara penjualannya semua sama. Bisa melalui sosial media atau melalui website khusus untuk berjualan. Pemasaran dan transaksinya hampir serupa, namun ada beberapa hal yang membedakan online shop tersebut yang terbagi ke dalam beberapa jenis.


Jenis Toko Online dan Penjelasannya

1.    Iklan Baris

Bentuk usaha atau bisnis yang satu ini merupakan jenis online shop yang paling sederhana bentuknya. Ciri khas khusus dari iklan baris ini adalah penyedia jasa tidak terlibat langsung dengan proses jual beli yang dilakukan. Di dalam bisnis ini pihak perusahaan hanya menjadi penyedia atau media yang mempertemukan penjual dan pembeli di suatu tempat.

Ciri khas lainnya dari iklan baris ini adalah penyedia layanan tidak memfasilitasi atau tidak terlibat secara langsung, mengenai transaksi jual beli online yang sedang berlangsung. Ciri berikutnya dari iklan baris ini adalah siapapun yang ingin menjual barangnya melalui online shop ini, bebas melakukannya di mana saja dan kapan saja.

2.    Sosial Media Shop

Jenis online shop yang berikutnya adalah jenis usaha yang paling banyak ditemui, dalam bidang penjualan dan pembelian secara online. Seiring dengan perkembangan sosial media yang semakin berkembang pesat, maka potensi ini dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk membangun suatu bisnis yang berbasis sosial media.

Pada saat ini sosial media yang paling banyak digunakan dalam berbisnis online adalah Facebook. Karena diantara beberapa sosial media yang ada, pengguna Facebook juga merupakan yang paling banyak penggunanya. Sosial media lainnya yang cukup sering digunakan untuk berjualan adalah Twitter dan juga Instagram.

3.    Marketplace Customer To Customer

Jika dilihat sepintas saja maka jenis online shop yang satu ini tidak begitu berbeda dengan iklan baris. Tetapi pengelola di bisnis online ini biasanya akan memberikan metode layanan pembayaran, dari transaksi online yang dilakukan. Hal ini akan menjadi ciri utama dari bentuk bisnis marketplace.

Di toko online ini terdapat rekening pihak ketiga, yang dimana fungsinya adalah sebagai jembatan antara penjual, pembeli, dan marketplace tersebut. Jika kesepakatan pembelian sudah dilakukan, maka pembeli harus mentransfer sejumlah dana kepada rekening pihak ketiga tersebut.

Setelah ada konfirmasi bahwa pembayaran sudah dilakukan, maka penjual pun bisa mengirim barang kepada pembeli. Setelah pembeli mengkonfirmasikan penerimaan barang, pihak ketiga tersebut akan memberikan uangnya kepada penjual. Jenis bisnis yang shop online yang satu ini dianggap menjadi jenis bisnis yang paling aman.

4.    Shop Online Business to Consumer

Secara umum bentuk bisnis yang satu ini lebih mengutamakan atau lebih fokus pada penjualan barang atau produk, milik perusahaan online shop itu sendiri. Sehingga semua keuntungan dari penjualan produk tersebut murni dimiliki oleh, online shop itu sendiri. Serta tidak dibagikan dengan pihak lainnya.

Jenis bisnis online shop yang satu ini, adalah salah satu bentuk bisnis yang paling banyak berkembang di Indonesia. tetapi dalam pengembangannya bentuk bisnis yang satu ini merupakan yang paling tidak mudah dilakukan. Karena membutuhkan modal yang besar, dan ketersediaan pasokan dan sistem penjualannya harus dihandle sendiri.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.