Bahaya! 6 Pengaruh Gadget pada Anak Balita yang Sering Diabaikan

No Comments

Pengaruh gadget pada anak balita mestinya diketahui oleh setiap orang tua apalagi dengan perkembangan zaman yang ada. Jangan sampai orang tua lepas tangan begitu saja dan menganggap selama anak terlihat tidak rewel maka membebaskan mereka. Soalnya ada 6 bahaya yang berefek langsung pada balita seperti yang akan dijelaskan seperti berikut ini. 

Pengaruh Gadget pada Anak


1. Kecanduan yang Sulit Dihilangkan 

Bahaya pertama yang bisa dirasakan langsung oleh balita adalah kecanduan yang sulit dihilangkan. Seperti yang diketahui, gadget ini sendiri juga memberikan efek ketagihan yang sulit dilepaskan untuk orang dewasa apalagi untuk bagi mereka yang masih balita. Salah satu fitur dari gadget yang bisa membuat kecanduan adalah game

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak terlalu mempermasalahkan balita mereka bermain game dalam waktu lama. Biasanya alasan mereka supaya si orang tua tetap bisa melakukan pekerjaan rumah tangga tanpa diganggu si kecil. Sayangnya hal ini adalah sebuah kekeliruan karena akan membuat mereka sulit lepas dari gadget dan enggan untuk melakukan aktivitas lainnya. 

2. Radiasi pada Balita

Dampak gadget pada anak balita yang berikutnya adalah risiko terjadinya radiasi pada mereka. Seperti yang diketahui gadget menyebarkan radiasi yang berbahaya apabila dipakai dalam intensitas yang berlebihan. Radiasi ini akan semakin berbahaya apabila terkena oleh mereka yang masih berusia balita. Soalnya radiasi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker.

3. Merusak Penglihatan

Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa sinar cahaya yang dihasilkan dari gadget kurang baik untuk kesehatan mata. Terutama ketika sinar gadget tersebut mengenai mata ketika kondisi lampu sedang dimatikan. Dipastikan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan mata bisa langsung dirasakan.

Mulai dari mata yang mudah lelah, mata yang seringkali merasa gatal hingga kemungkinan paling buruk adalah terjadinya kebutaan. Jadi bagi setiap orang tua, disarankan untuk sangat berhati-hati apabila ingin memberikan gadget pada buah hatinya. Melihat kondisi dan situasi adalah hal wajib yang mesti dilakukan.

4. Membuat Balita Menjadi Kurang Aktif

Usia balita tentunya adalah usia bagi mereka untuk terus merangsang pertumbuhan mereka sebaik-baiknya. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan membiarkan balita untuk terus bergerak aktif. Sayangnya, pemberian gadget akan menghalangi balita untuk melakukan hal tersebut. Soalnya pemberian teknologi ini akan membuat bayi menjadi kurang aktif.

Biasanya mereka akan hanya akan duduk selama berjam-jam untuk memainkan gadget tersebut. Meskipun terlihat sepele, sayangnya kebiasaan ini akan berdampak buruk pada kesehatan mereka. Terutama dalam hal pertumbuhan mereka yang jadi tidak sempurna. Bahkan aspek psikologis dan tenggang rasa juga menjadi sulit untuk bisa didapatkan.

5. Mengurangi Waktu Tidur

Kebutuhan penting berikutnya yang juga mesti didapatkan oleh setiap balita adalah waktu tidur yang cukup. Soalnya ini berhubungan langsung dengan pertumbuhan dan juga kecerdasan balita. Seperti yang diketahui, balita membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Dengan kecanduan gadget maka dipastikan balita lebih memilih bermain gadget daripada untuk tidur.

Tahukah Anda? Balita yang kekurangan waktu tidur akan membuat sistem otaknya tidak bekerja secara optimal. Hal ini bisa membuat mereka lama untuk bisa bicara secara lancar hingga responnya yang kurang. Risiko ini tidak perlu terjadi apabila penggunaan gadget ini bisa diatur oleh orang tua dan tidak diberikan secara berlebihan.

6. Membuat Balita Tidak Napsu Makan

Gadget adalah cara terbaik untuk memberikan pengalihan pada mereka yang belum bisa mengendalikannya. Kecanduan pada teknologi ini akan membuat banyak orang mengabaikan kebutuhan pentingnya. Apalagi bagi mereka yang masih berusia balita dan belum mampu mengatur segala sesuatunya dengan baik. 

Efek samping kecanduan teknologi ini adalah turunnya napsu makan pada balita. Hal ini bisa terjadi karena perhatian mereka yang sudah teralihkan sepenuhnya pada gadget. Bahkan pada ketergantungan yang sudah ekstrim, balita tersebut tidak akan merasakan lapar. Jadinya waktu makan hanya akan dianggap buang-buang waktu bagi mereka.

Setelah mengetahui dampak negatif gadget pada balita maka orang tua mesti lebih waspada. Jangan hanya ingin lebih memudahkan tugas sebagai orang tua membuat Anda lepas tangan begitu saja. Perhatian langsung dan aktifitas di luar ruangan bisa dijadikan langkah pertama untuk mencegah kecanduan gadget bagi balita.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.