Pancake Ala Korea, Ternyata Begini 6 Keunikan Hotteok


Sumber gambar: cookpad.com

Pancake merupakan jajanan yang sering disantap di berbagai negara. Camilan ini  juga memiliki versi lokal dari negeri ginseng di  Korea Selatan.

Pancake ala Korea disebut Hotteok. Apa keistimewaan pancake ini? Saya melihat!

1.    Selalu berisi pasta kacang

Hotteok identik menggunakan isian berupa pasta kacang. Tak hanya itu, panekuk ini pula bisa dilengkapi menggunakan adonan bahan-bahan lain sesuai selera.

Ada madu, kayu manis, gula, brown sugar, sampai kacang tanah tumbuk.

2.    Telah ada sejak abad ke 19

Secara etimologis, nama “Hotteok” berasal dari dua kata yaitu “ho” dan “tteok”. Penekuk ini konon sudah ada di Korea sekitar abad ke-19 setelah diperkenalkan oleh para pedagang Cina yang menetap di Korea.

Namun, alih-alih menggunakan daging, pancake ini diisi dengan kacang  manis agar lebih selaras dengan selera orang Korea.

3.    Kaya akan cita rasa

Seperti pancake pada umumnya, Hotteok juga berbentuk bulat dan agak padat. Perpaduan yang gurih dan renyah dibagian luar serta manis lembut di bagian dalam memberikan cita rasa yang memanjakan lidah.

4.    Dimasak dengan dua proses

Hotteok terdiri dari dua varian proses memasak, yakni digoreng dan dipanggang. Setelah adonan terisi, langkah selanjutnya adalah menggoreng atau memanggangnya sambil secara berkala menekan adonan ke bawah agar rata.

Alat pengepres adonan  berbentuk bulat dan stainless steel terlihat sudah matang, Hotteok sudah dikeluarkan dan siap  disantap.

5.    Nikmat dimakan bersama santapan lainnya

Hotteok bisa dimakan langsung atau dengan bahan lainnya, karena saat menyajikan hotteok pancake ini juga sering disajikan dengan irisan apel, jujube, kecap dan paprika. Untuk disantap bersama minuman, hotteok biasanya disandingkan dengan teh atau kopi.

6.    Harga terjangkau dan nikmat saat panas

Pancake khas Korea ini biasanya dijual sebagai jajanan  di pasar. Harga untuk seporsi hotteok juga cukup terjangkau.

Agar lebih nikmat, Hotteok sebaiknya dimakan saat masih panas. Oleh karena itu, snack ini juga populer sebagai snack musim dingin.