Ini Pentingnya Waste Manajement Indonesia

Perihal sampah menjadi persoalan yang sampai saat ini ada dan perlu cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini dikarenakan dampak dari sampah terhadap lingkungan tidak baik. Beberapa dampak dari sampah yang tidak benar ataupun pembuangan sampah sembarang tempat seperti sungai akan menyebabkan kerusakan lingkungan bencana alam seperti banjir. Adanya waste manajement Indonesia melalui waste4change dapat membantu pemerintah untuk mengurangi jumlah sampah.

Waste4change merupakan sebuah perusahaan yag bergerak di bidang pengelolaan sampah. Perusahaan ini terbentuk merupakan hasil dari diskusi PT greeneration Indonesia dan PT ecobali tahun 2014 lalu. Diskusi tersebut yaitu mendirikan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan sampah. Adapun misi dari pendirian perusahaan tersebut yaitu untuk membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA).

Selanjutnya di tahun 2015 perusahaan ini dapat mendirikan rumah pemulihan material nama milik we4change. Rumah tersebut terdapat di daerah Timur. Di tahun 2015 perusahaan ini dapat mendirikan rumah pemulihan material nama milik we4change. Rumah tersebut terdapat di daerah Timur.

Ahun 2016 We4change juga bekerjasama dengan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bidang daur ulang. Perusahaan tersebut yaitu RDF technology guna mencapai target Zero waste to landfill. Adapun program yang telah diluncurkan we4change yaitu extended producer responbility.

Hingga saat ini perusahaan ini terus menggandeng beberapa mitra untuk meluncurkan berbagai program yang berkaitan dengan sampah. Tentu tujuannya untuk minimalisir jumlah sampah.

Untuk meminimalisir masyarakat juga sangat dibutuhkan. Salah satu caranya yaitu sadar diri untuk memisahkan sampah organik dan anorganik. Sampah organik yaitu Jenis sampah yang dapat terurai sedangkan sampah non-organik adalah ini sampah yang tidak dapat terurai.

Sampah organik biasanya ditimbulkan dari sisa-sisa makanan, sedangkan untuk sampah anorganik yaitu seperti barang-barang yang berbahan dari plastik seperti botol minuman air, mineral bungkus mie instan, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa Mengapa pemisahan sampah itu penting yaitu sebagai berikut

1. Sampah dapat didaur ulang

Dari sampah organik kita dapat menghasilkan sebuah pupuk organik dari sisa-sisa makanan tersebut. Lalu untuk sampah anorganik dapat dikelola menjadi berbagai misalnya botol plastik dapat dijadikan sebuah vas bunga bungkus bungkus mie instan ataupun kopi dapat dijadikan salah satu bahan untuk membuat tas daur ulang.

2. Meminimalisir jumlah sampah

Setiap tahunnya jumlah sampah di Indonesia terus meningkat bahkan mencemari lingkungan perairan laut. Dampaknya ekosistem di laut juga tercemar tentu ini sangat tidak baik untuk lingkungan. Oleh karena itu dari hal kecil seperti kesadaran  pemisahan sampah dilakukan masyarakat ini sangat penting guna meminimalisir jumlah sampah. Dari tindakan memisahkan sampah yang dapat didaur ulang dan tidak ini akan mempermudah proses pengelolaan sampah sehingga sampah yang dihasilkan dapat diminimalisir.

Saat ini telah terdapat 198 klien dengan 175 proyek dan 8.440.719,74 samoah yang telah di kelola. Tentu itu merupakan jumlah yang sangat banyak perusahaan ini berhasil mengelola sampah tersebut untuk mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA.

Itulah beberapa hal mengapa penting pemisahan sampah tersebut dan adanya waste management Indonesia untuk mendukung gerakan tersebut. Selain itu dengan adanya perusahaan pengelolaan sampah ini sangat membantu dan mendukung gerakan untuk meminimalisir sampah dan dilakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar sehingga tercipta lingkungan yang bersih.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama