Cara Hitung Pajak Penghasilan Penguasaha dengan Baik, Benar dan Tepat

Menjadi seorang pengusaha memang suatu hal yang menyenangkan. Mengapa? Tentu saja dengan menjadi seorang pengusaha, kita dapat meraih penghasilan secara pribadi dan tidak harus bergantung pada orang lain. Di samping itu, menjadi seorang pengusaha membuat kita merasa bebas.

Namun, saya Anda menjadi seorang pengusaha, bukan berarti free begitu saja. Melainkan ada satu tanggungan wajib yang harus Anda lunasi. Tanggungan apakah itu? Apa lagi kalau bukan pajak penghasilan? Nah! Pastinya tidak asing dengan pajak penghasilan, bukan? So, berikut ini bagaimana cara menghitung pajak penghasilan dengan baik dan benar!

Cara Hitung Pajak Penghasilan Pengusaha


Pengertian PPH

Cara Hitung Pajak Penghasilan Pengusaha sebenarnya tidak sulit. Namun, saat Anda tidak memperhatikannya hal seperti ini juga tidak bisa disebut mudah. Selain itu, sebelumnya apakah Anda sudah tahu apa itu pajak penghasilan pengusaha? Seperti namanya, pajak penghasilan pengusaha merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap orang yang sudah bekerja sebagai bukti wajib penghasilan pengusaha.

Di sini perlu digaris bawahi, bahwa penghasilan pengusaha bisa dikenakan bukan hanya pengusaha saja. Melainkan juga dikeluarkan oleh seorang karyawan yang bekerja di bawah pimpinan seseorang. Anda yang berstatus sebagai pengusaha pun akan dikenakan pajak penghasilan serupa.

Sebelum terjun lebih jauh ke bagaimana cara hitung penghasilan pajak pengusaha, kini saatnya Anda mengetahui sumber penghasilan usaha apa saja yang sudah termasuk ke dalam pajak penghasilan pengusaha. Di antaranya ada penghasilan yang berasal dari gaji, maknanya adalah saat Anda mendapatkajnuang dari hasil usaha kerja keras.

Tidak semua bisa berlaku bagi Anda, melainkan bisa pula berlaku bagi PT. Di samping itu, ada sumber penghasilan usaha dari laba. Jadi, misalkan Anda mempunya usaha, maka bisa dijumpai penghasilan yang akan dikenakan wajib pajak dan hal tersebut bersumber dari laba. Misalkan Anda punya usaha berupa PT, maka penghasilan usahanya adalah dividen.

Di samping itu, ada penghasilan usaha yang bersumber dari hal lain. Maksud dari sumber lain adalah penghasilan yang diperoleh dari sumber selain pekerjaan utama. Biasanya Anda diharuskan untuk membayar wajib pajak lantaran memang punya pekerjaan sampingan. Orang biasa mengenalnya freelance. Maka dengan ini, Anda juga harus tahu bagaimana cara hitung penghasilan pajak pengusaha.

Bagaimana Cara Hitung Pajak Penghasilan?

Setelah Anda tahu apa yang dimaksud dengan pajak hasil usaha, kini sudah saatnya And amasuk ke dalam ranah bahasan tata cara menghitungnya. Seperti yang sudah diketahui, sejatinya ada banyak sekali sumber penghasilan usaha yang bisa dikenakan pajak. Maka di antara sumber-sumber yang berlainan tersebut, Anda bisa mengetahui cara-cara yang lain.

Salah satu yang akan kami bahas adalah bagaimana cara hitung pajak penghasilan pengusaha untuk pribadi atau berlaku bagi karyawan. Cara yang satu ini tidaklah sulit. Maka Anda harus perhatikan betul-betul supaya tidak salah saat membayar pajak. Anda juga harus tahu, saya akan membayar pajak pribadi bisa dilakukan secara mandiri.

Misalkan Anda seorang karyawan, maka cara membayar pajaknya bisa dilajuka swcara mandiri. Lantas, bagaimana cara menghitung pajak penghasilan yang baik dengan benar adalah mengikuti rumusan pajak penghasilan dari gaji di mana nantinya penghasilan bruto dikurangi dengan PTKP dan dikalika dengan tarif pajak.

Misalkan Anda seorang pengusaha pribadi juga bisa mengikuti cara tentang bagaimana cara hitung pajak penghasilan pengusaha. Pertama, bisa dengan mengikuti rumusan yang berlaku bagi seorang karyawan, atau bisa pula mencoba cara penghasilan bruto dikalikan dengan presentase norma perhitungan penghasilan netto guna menemukan berapa nettonya.

Di samping bahasan tentang bagaimana cara menghitung pajak penghasilan seorang pengusaha, Anda juga harus segera cari tahu berapa tarif yang diperlukan untuk membayar pajaknya. Biasanya tarifnya tidak diambil semua dari gaji Anda, melainkan hanay sekian persennya saja. Nah! Tentu saja sebagai seseorang yang baik dan Budiman serta patuh pada aturan Anda bisa tahu dari cara hitung pajak penghasilan pengusaha dengan tepat.