Baca 3 Cara Penting Mengobati Penyakit Gerd Menurut SehatQ.com

GERD atau Gastroesophageal reflux disease merupakan salah satu direktori penyakit yang tidak dapat dianggap remeh. Penderita GERD mengalami kondisi dimana asam lambung kembali naik menuju kerongongan (esofagus). Kondisi ini menyebabkan efek sakit dada, heartburn dan kerongkongan mengalami iritasi.

Banyak orang yang mengalami asam lambung kembali naik (refluks asam) dari waktu ke waktu. Penyakit GERD merupakan kondisi refluks asam ringan yang terjadi setidaknya minimal sekali dalam seminggu, atau refluks asam sedang hingga parah yang terjadi setidaknya sekali dalam seminggu.

gerd direktori penyakit

Saat Anda berdiri atau duduk, gaya gravitasi membantu mencegah isi perut kembali naik ke esophagus. Oleh karena itu, berbaring dapat memperburuk gejala yang ditimbulkan oleh penyakit GERD. Penyakit ini dapat terjadi setelah beberapa saat penderita makan dengan jumah dan tingkat keasaman lebih tinggi di dalam lambung dan sfingter/otot katup lambung tidak dapat bekerja secara maksimal.

Pengendalian dan pengobatan perlu dilakukan oleh penderita penyakit GERD agar tidak menyebabkan kondisi dan tingkatan keparahan. Berikut ini 3 cara untuk mengatasi dan mengobati penyakit GERD menurut SehatQ.com

1.    Merubah Life Style (Gaya Hidup)

 

Tanpa disadari perubahan gaya hidup kea rah yang lebih baik akan menunjang kesehatan Anda lebih prima dan optimal. Walaupun perubahan gaya hidup ini bukan pengobatan yang utama untuk mengatasi penyakit GERD, akan tetapi dengan merubah gaya hidup kea rah yang lebih sehat akan membantu mengurangi frekuensi terjadinya gejala refluks asam serta mecegah kambuhnya penyakit ini. Beberapa gaya hidup yang dapat penderita GERD lakukan, yaitu:

 

a.    Hindari makanan dan minuman yang akan memicu gejala GERD

b.    Mengunyah makanan sebanyak 32 kali atau hingga makanan tersebut benar-benar lembut

c.  Makan dengan porsi yang lebih sedikit tapi tetap mempertimbangkan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut

d.   Berhenti merokok

e.  Setelah makan jangan langsung berbaring dan berikan jeda beberapa saat untuk makanan dapat tercerna dengan baik di lambung

f.     Posisi kepala lebih tinggi saat tidur

g.    Menurunkan berat badan jika penderita mengalami berat badan berlebih

h. Melakukan relaksasi, hal ini bertujuan untuk mengendalikan penderita dari stress dan gangguang kecemasan

 

2.    Mengkonsumsi Obat-obatan

 

Selain diimbangi dengan perubahan gaya hiudp, penderita GERD juga perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk meminimalisir dan memperbaiki kondisi penderita agar merasa lebih baik. Berikut ini beberapa obat GERD yang diresepkan oleh dokter kepada penderita meliputi:


a.    Antasida

   Antasida ialah salah satu obat penyakit GERD yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung dan meredakan gejala dengan lebih cepat.

b.    Proton Pumb Inhibitor (PPI)

   Pengobatan dengan menggunakan PPI umumnya diresepkan oleh dokter selama 6 sampai 8 minggu. Selanjutnya, penderita dapat mengkonsumsi obat ini untuk penanganan sesuai dosis pemeliharaan selama empat bulan atau hanya dikonsumsi saat diperlukan. Hal ini tentu saja perlu dalam pantauan dokter agar tidak ada penyalah gunaan obat dan terjadi komplikasi.

   Dokter akan menangani penderita GERD dengan menentukan dosis lanjutan berdasarkan dari tingkat keparahan esophagitis atau radang esofagus yang dialami oleh penderita.

   Beberapa contoh obat proton pumb inhibitor yang diresepkan dokter meliputi omeprazole lansoprazole, esomeprazole, dexlansoprazole, pantoprazole dan rabeprazole.

c.    H2 Receptor Blocker

   Obat ini efektif untuk mengobati penderita GERD dengan kondisi esophagitis tingkat ringan hingga sedang. H2 Receptor Blocker membantu mengurangi produksi asam lambung. Contoh dari obat ini seperti ranitidine, famotidine, nizatidine dan cimetidine.

d.   Prokinetik

   Termasuk golongan obat yang berfungsi untuk mengosongkan lambung penderita lebih cepat. Contoh obat dari jenis prokinetic yaitu metoclomide atau cisapride.

3.    Melakukan Operasi

Operasi merupakan tahap terakhir yang dapat penderita GERD pilih ketika mengalami kondisi yang lebih parah atau tidak ada perbaikan setelah mengkonsumsi obat. Jenis operasi yang dapat dilakukan oleh penderita yaitu fundoplication, pemasangan LINX dan Endoskopi.

Berikut 3 cara penting yang dapat penderita untuk mengatasi salah satu direktori penyakit (GERD) menurut SehatQ.com. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca