Masalah Yang Sering Dikeluhkan Pada Kehamilan 3 Bulan

No Comments
Kehamilan yang normal tanpa banyak kendala merupakan hal yang diinginkan semua ibu hamil. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ibu hamil cenderung mengalami beberapa keluhan dan masalah apalagi saat usia kehamilan menginjak 3 bulan.



Keluhan-keluhan tersebut sebenarnya bukanlah masalah besar walaupun tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan janin 3 bulan. Apa saja sih keluhan-keluhan tersebut? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini.

1. Ibu Hamil Mengalami Mual dan Muntah
Umumnya, mual dan muntah atau disebut juga morning illness dialami ibu hamil sejak awal kehamilan. Namun, pada usia kehamilan 3 bulan, keadaan ini biasanya masih saja berlanjut. Bahkan mual dan muntah ini bisa semakin parah ketika menginjak bulan ke-3 bagi sebagian besar ibu hamil. Namun, kondisi ini akan semakin menurun dari hari ke hari karena tubuh ibu hamil mulai terbiasa dengan kehadiran sang janin.

2. Ibu Hamil Lebih Sering Buang Air Kecil
Keluhan selanjutnya yang kadang membuat sebagian besar ibu hamil khawatir adalah intensitas buang air kecil yang lebih sering. Keluhan ini sebenarnya dapat disebabkan oleh pertumbuhan janin yang semakin membesar sehingga menekan kandung kemih ibu hamil dan bisa pula disebabkan oleh hormon dari janin yang dikandung. Namun, ibu hamil tidak perlu khawatir berlebihan tentang hal ini. Pasalnya, kondisi ini merupakan kondisi yang umum terjadi dan tidak membahayakan.

3. Ibu Hamil Cepat Merasa Lelah
Janin yang berkembang dengan baik di dalam rahim sang ibu umumnya mengharuskan ibu untuk memberikan energi dan stamina yang semakin besar pula. Hal ini yang kemudian membuat ibu hamil lebih mudah lelah. Faktor lain seperti kurangnya asupan gizi dan aktivitas fisik juga dapat memicu kelelahan. Untuk keluhan ketiga ini, ada baiknya jika Anda mencoba berkonsultasi dengan dokter kandungan pilihan Anda agar Anda dapat mencegahnya dengan cara yang benar.

Tiga keluhan di atas merupakan keluhan-keluhan umum yang memang sering terjadi pada ibu hamil. Namun, jika Anda mengalami kondisi yang tidak umum seperti nyeri perut, pendarahan, flek yang terus-menerus keluar, atau berat badan yang tidak naik, maka ada kemungkinan perkembangan janin 3 bulan sedang terganggu. Jangan sepelekan kondisi tersebut karena dapat mengindikasikan bahwa janin tidak berkembang dan umumnya terjadi di kehamilan bulan ke-3.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.