7 Tips Menghadapi Cuaca Dingin di Musim Hujan Agar Tetap Sehat

No Comments
Blog Dokter - Di musim hujan anda tentunya akan merasa sangat dingin dan malas melakukan aktifitas fisik. Padahal saat musim hujan dan cuaca dinginlah anda harus tetap bergerak demi menjaga kesehatan anda. Sebab di cuaca dinginlah beragam penyakit akan melanda anda dan juga keluarga.

Lebih baik anda mencegah daripada mengobati itulah prinsip yang harus anda pegang. Jika anda menjaga diri dengan baik maka penyakit yang biasa menyerang anda di cuaca dingin tentu saja akan terhindar dan membuat anda semakin sehat meski dalam cuaca apapun.

Tips Menghadapi Cuaca Dingin di Musim Hujan Agar Tetap Sehat

Berikut merupakan tips untuk menghadapi cuaca dingin khususnya di musim hujan.


1. Konsumsi air hangat
Mengonsumsi air banyak kapanpun merupakan salah satu tips yang anda lakukan di kondisi dan cuaca apapun. Sebab tubuh memang harus selalu terhidrasi dan juga harus dinetralisir. Saat cuaca dingin perbanyaklah meminum air hangat sebab dengan cara itu maka toksin yang ada dalam tubuh bisa ikut keluar melalui keringat, dan saat buang air. Rajinlah mengonsumsi air hangat setiap bangun atau mau tidur agar tubuhmu tetap fit dan terhindar dari penyakit.

2. Vitamin
Tentu saja membantu tubuh bertahan di cuaca dingin vitamin adalah solusi terbaik. Anda harus mengetahui bahwa vitamin tidak di produksi dalam tubuh namun harus anda yang memenuhi kebutuhannya. Vitamin banyak di dapatkan melalui sayuran serta buah-buahan namun anda juga bisa menambah asuoan anda lewat suplemen.

3. Hindari merokok
Banyak pria yang merokok merasa bahwa merokok bisa membantunya untuk menghadapi cuaca dingin. Namun prinsip itu ternyata salah, karena selain menurunkan pertahanan tubuh asap rokok juga bisa melemahkan pernapasan anda. Padahal di cuaca dingin penyakit yang sering muncul yang berhubungan dengan pernapasan seperti flu dan batuk.

4. Mandi saat terkena air hujan
Saat anda kehujanan maka anda harus segera mandi dan jika perlu menyiram kepala anda. Saat kehujanan anda biasanya merasakan sakit kepala, sebab terjadi perubahan tekanan udara dan peningkatan suhu. Hal itu terjadi juga karena zat tertentu di dalam otak, termasuk serotonin, sehingga memicu terjadinya sakit kepala dan migrain.

5. Menjaga Kebersihan
Pastikan bahwa anda harus menjaga kesehatan anda dengan senantiasa menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Kebersihan akan sangat penting dan membuat anda terhindar dari beragam penyakit yang biasa muncul saat cuaca dingin di musim hujan.

6. Sup Panas
Anda juga harus memperhatikan makanan anda saat cuaca dingin. Konsumsi makanan hangat seperti sup panas. Selain suhu dari sup bisa membantu tubuh anda agar tetap hangat anda juga bisa mendaoakan beragam nutrisi dalam sayuran yang ada dalam sup.

7. Perbaiki Pola Tidur
Hal yang juga penting di cuaca dingin adalah dengan memperhatikan pola tidur anda. Jangan mengira bahwa cuaca dingin akan membuat anda lebih banyak tidur. Namun pola tidur yang dimaksud adalah anda harus menjaga agar istirahat anda cukup namun juga tidak berlebihan.
Itulah beberapa tips untuk menghadapi cuaca dingin utamanya saat musim hujan agar anda bisa tetap fit dan terhindar dari penyakit. 

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.