7 Tips Meningkatkan Kerja Otak di Pagi hari

No Comments
Blog Dokter - Meningkatkan kinerja otak adalah aktivitas yang mesti sering dilakukan setiap hari. Otak sama saja dengan otot semakin lama dilatih maka akan semakin baik pula fungsi serta kesehatannya. Banyak orang yang menyepelekan hal tersebut dengan menjalankan aktivitas seperti biasa tanpa memberikan sedikit stimulus pada otak.

Menurut beberapa penelitian, otak akan berfungsi secara optimal di pagi hari. Padahal banyak sekali orang yang tidak memperhatikan hal tersebut. Jika dilakukan secara rutin beberapa cara dalam meningkatkan kinerja dan kerja otak maka anda akan memiliki otak yang fresh dan bisa bertahan hingga lama, mengurangi resiko pikun dan juga penyakit syaraf seperti alzheimer.

  Tips Meningkatkan Kinerja Otak di Pagi hari  

Tips Meningkatkan Kerja Otak di Pagi hari

Oleh karena itu di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kerja otak di pagi hari serta membantu mengoptimalkan kinerja otak untuk aktivitas anda sehari-hari.

Berikut Tips Meningkatkan Kerja Otak di Pagi hari

1. Sarapan sehat

Banyak sekali orang yang menganggap semua sarapan adalah sehat. Namun anda sangat keliru. Sebab jika tidak memilih makanan dengan benar akan sangat berpengaruh terhadap kerja otak bahkan kepada seluruh aktivitas anda seharian. Sebaiknya memilih makanan yang mengandung protein yang baik bagi tubuh seperti telur dan susu. Hindari memakan makanan yang mengandung banyak minyak di pagi hari.

2. Berolahraga

Olahraga bukan hanya diperuntukkan untuk otot, namun otak juga butuh olahraga. Saat badan fresh hal tersebut tentunya akan mempengaruhi kinerja otak sebab seluruh aliran darah ke tubuh akan lancar utamanya aliran darah yang dibutuhkan otak untuk bekerja. Cukup berolahraga kecil seperti berlari lari atau sekedar melakukan push up.

3. Mendengarkan musik

Di pagi hari otak mesti rileks sebab hal tersebut juga mampu melancarkan aliran darah ke otak. Berdasarkan beberapa penelitian syaraf mendengarkan musik yang anda sukai di pagi hari akan sangat membantu dalam mensterilkan otak yang sedang kacau dan juga memberikan anda kesegaran dalam berpikir.

4. Mandi air dingin

Banyak sekali kasus yang berpendapat bahwa dengan mandi air panas di pagi hari akan memberikan kesegaran. Hal tersebut sungguh sangat keliru. Bahkan mandi dengan air dingin akan lebih membantu anda untuk lebih segar, memperoleh kinerja otak yang baik serta mampu melancarkan aliran darah. Hal tersebut terbukti dari banyaknya penelitian mengenai kinerja otak bagi penduduk yang tinggal di pegunungan atau wilayah dingin serta penduduk yang tinggal di daerah yang panas.

5. Kopi

Mungkin anda akan terkejut jika mendengarkan bahwa kopi merupakan minuman wajib di pagi hari jika anda ingin menambah dan meningkatkan kinerja otak. Walaupun banyak pendapat yang mengatakan kopi berbahaya karena zat adiktif yang dimilikinya namun beberapa penelitian menemukan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi bahkan mampu memberikan stimulus kepada otak agar lebih meningkat kinerjanya.

6. Bangun pagi tepat waktu

Memberikan pola bagun yang tetap dan tepat waktu akan melatih otak terkoneksi dengan baik. Oleh karena itu sebaiknya anda selalu langsung bangun di saat mata anda sudah terbuka. Jika memberikan pola tetap pada tidur dan bangun pagi anda maka dapat merangsang otak untuk terus melakukannya dan membuat otak bekerja.

7. Mengonsumsi antioksidan

Di pagi hari ktak buth aliran darah, kesegaran dan juga butuh dilatih. Namun semua hal itu akan sangat sulit diterapkan jika otak tealh terkontaminasi lebih dulu dengan partikel bebas yang saat ini tentunya banyak sekali tersebar baik melalui udara dan makanan. Olehnya itu sangat penting bagi anda memberikan asupan antioksidan pada otak anda agar ada zat yang mampu menangkal partikel bebas tersebut. Antioksidan banyak sekali ditemukan pada buah-buahan, teh hijau dan beragam jenis makanan lainnya.
Itulah beberapa cara meningkatkan kinerja otak di pagi hari. Semoga bisa mengaplikasikan cara tersebut agar anda tetap sehat sepanjang hari. Terima kasih.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.