Resep Makanan Sehat Anak Autis Selama 30 Hari

No Comments
Blog Dokter - GAPS Diet (Gut and Psycology Syndrome Diet) merupakan salah satu solusi diet untuk anak keterbelakangan mental dan juga yang mengalami gangguan psikologi. Gaps Diet dicetuskan oleh dr. Natasha Campbell yang didasarkan bahwa anak yang mengalami keterbelakangan mental seperti Autisme memiliki kekebalan tubuh yang lemah sehingga makanan yang mereka konsumsi akan memiliki potensi memproduksi zat-zat buruk pada tubuh dan menimbulkan banyak alergi terhadap anak autis.

Resep Makanan Sehat Untuk Kesembuha Anak Autis Selama 30 Hari

Resep Makanan Sehat Anak Autis Selama 30 Hari

Pengenalan GAPS Diet

GAPS Diet terdiri atas 6 (enam) tahap. Jika anda mengalami kesulitan mengikuti tahapnya secara teratur, sebaiknya anda mengulang tahapnya dari awal. Di awal pengenalan GAPS DIET anda harus melakukan perencanaan makanan. Perencanaan makanan ini merupakan petunjuk bagi anda yang ingin melakukan diet GAPS secara cepat. Jika anda memiliki masalah pencernaan, anda mungkin saja harus melakukan setiap tahap dengan jangka waktu yang lebih lama sebagaimana yang telah dipaparkan disini. Kebutuhan anda mungkin saja berbeda dari menu yang diberikan, sebab petunjuk ini hanya membantu anda untuk membuat perencanaan makanan.

Hal yang harus dihindari saat GAPS Diet

Penting untuk mengetahui apa saja yang sebaiknya dihindari saat menjalankan GAPS diet atau lebih dikenal dengan ‘GAPS illegal’ (bahan yang dilarang oleh GAPS) agar diet dapat berhasil dengan baik. Anda perlu berkonsultasi pada dokter anda jika sedang menjalankan pengobatan untuk mengetahui beberapa obat yang mungkin saja bertentangan dengan bahan-bahan pada diet ini.

Beberapa yang juga perlu dihindari adalah :

Suplemen:

Anda sebaiknya menghentikan mengonsumsi banyak suplemen di minggu pertama saat memulai diet termasuk minyak ikan. Saya akan kembali membahas mengenai minyak ikan ini saat ikan fermentasi di bolehkan pada tahap kedua pada diet ini. Kami juga akan menghentikan suntikan B12, walaupun hal tersebut akan ditolak oleh sistem pencernaan. Kami akan tetap melanjutkan enzim pencernaan sebab intro diet mengandung lemak yang banyak, dimana beberapa anak memilliki masalah pencernaan dengan bahan ini.

Kopi:

Dianjurkan untuk menghentikan mengonsumsi kopi selama diet berlangsung serta beberapa minuman yang adiktif.

Peralatan Dapur yang Dibutuhkan

Saya menggunakan peralatan dapur yang berbeda untuk mengikuti diet ini berdasarkan takarannya. Di bawah ini beberapa hal yang akan berguna :

• 8-quart (setara dengan 1liter) Calphalon Stainless Stockpot- untuk persediaan, alat ini memiliki kualitas yang baik dan akan sangat berguna sebab akan digunakan setiap hari. 

• Slow Cooker: Alat ini sangat baik untuk merebus makanan dan sup saat malam atau saat berada di luar rumah sepanjang hari.

• Immersion blender (blender penghangat): untuk membuat sup kental langsung di mangkuknya.

• Food Processor (pengolah makanan): dengan alat pengiris maka akan membuat irisan sayuran anda untuk fermentasi menjadi lebih cepat. Saya menggunakan food processor lebih sering daripada alat lain saat menjalani GAPS. Bukan hanya baik untuk sayuran namun alat ini juga baik untuk mencampurkan tepung kacang pada beberapa bahan makanan yang dibakar, mayones, dan saus kental serta membuat mentega kacang.

• Blender dengan kualitas baik: Saya tahu beberapa orang mungkin meyakinkan bahwa blender mereka adalah blender dengan kualitas terbaik, tapi sejauh ini saya belum mendapatkan yang berkualitas. Namun saya merekomendasikan blender yang terbuat dari kaca dan juga metal pada bagian lainnya.

• Penggiling garam dan lada: garam laut tentunya tidak dihaluskan dan mengandung mineral yang sangat penting. Lada hitam yang segar juga sangat baik untuk menambah rasa yang enak dan sebagai tambahan pada makanan anda.

• Wide Mouth Mason jars (botol toples yang bagian mulutnya lebar)- ½ gallon, quart (1liter), pint (0.568 liter). ½ gallon, quart (1liter) digunakan untuk yogurt dan isi ayam. Sedangkan pints untuk ukuran mayones, , bumbu isian, fermentasi, sisa makan siang dan juga untuk gelas air.

• Dehidrator: Saya menyukai dehidrator yang bisa membantu meringankan, serta sebagai pengontrol temperature. Pada pengenalan diet ini Excalibur tidak akan digunakan membuat yogurt 24 jam, namun nantinya kamu akan cukup tertegun saat melihat buahan kering, dan kacang akan banyak anda konsumsi. Hal ini juga baik untuk mengurangi produksi makanan saat musim panas yang bisa anda tambahkan pada sup di musim dingin.

• Pisau dengan kualitas yang bagus. Saya menganjurkan menggunakan pisau JA Henckles, yaitu pisau yang digunakan chef dan juga yang digunakan untuk mengupas.

• Termos, sangat baik untuk memaketkan sup, sayur dan juga daging. Jenis termos yang saya gunakan yaitu yang memiliki sendok dan penutup tempat makanan yang rapat.

• Garlic Press (alat penekan bawang putih). Kamu juga bisa mencampurkan bawang putih pada sop kental di food processor dan tambahkanlah sedikit minyak, lalu simpanlah di kulkas selama seminggu atau bisa saja langsung digunakan.

Potensi efek samping GAPS Intro

Ini hanyalah pertimbangan saya saja dan tidak boleh anda pertimbangkan sebagai konsultasi kesehatan. Harap tetap untuk berkonsultasi dengan dokter anda.

Gejala Rendah Karbohidrat
Secara pribadi saya memiliki pengalaman yang buruk ketika diet saya jalankan dengan sedikit mengonsumsi, dan saya memutuskan untuk tidak membiarkan kekurangan karbohidrat dapat merugikan saya. Ketosis disebabkan oleh kekurangan karbohidrat, dimana badan akan terlihat gemuk namun tidak mengandung banyak karbohidrat saat diet. Beberapa orang tidak mengalami efek samping yang buruk namun mereka mencoba untuk mengurangi gejalanya.

Gejala Ketosis
• Haus yang berlebihan
• Kencing terlalu sering
• Sering Merasa pusing
• mudah bosan
• muntah
• nafsu makan berkurang
• mudah lelah dan lesu
• Sakit kepala

Bagaimana mengatasi ketosis:
Segeralah meningkatkan jumlah karbohidrat anda walaupun anda tidak merasa lapar. Anda bisa mengatasinya dengan langsung mengonsumsi buah, jus, kurma, atau memakan banyak labu dan bawang merah yang telah dimasak.

Hal yang telah saya lakukan:
Saya telah mengalami rendah karbohidrat beberapa kali saat menyusui, namun segelas jus dan juga saus apel serta beristirahat yang cukup bisa membuat saya lebih baik beberapa jam kemudian. Anak saya melakukan intro diet ini dengan baik di beberapa hari pertama namun pada hari ketiga dan keempat ia tidak memiliki saupan sayuran yang cukup sehingga dia mulai kehausan dan sering buang air kecil. Sehingga saya memutuskan untuk memberikannya apel yang telah dimasak berdasarkan jadwal. Setelah semuanya berjalan normal saya kemudian melanjutkan diet sesuai jadwal. Terakhir kali saya melakukan Intro Diet, saya sedang menyusui dan juga dapat menghindari gejala-gejala yang timbul akibat kekurangan karbohidrat dengan memenuhi asupan sayuran yang diperbolehkan dalam GAPS.

Die Off
Saat memulai diet ini maka ia akan kembali menyeimbangkan keadaan dalam tubuh kita, seperti bakteri dan ragi akan mati. Itulah tujuan kita untuk membuang yang buruk dan menghadirkan zat yang baik. Die off “kematian” adalah ketika hama-hama mati dan mengeluarkan toxin yang bisa berguna. Jika anda mengalami ini maka anda akan merasakan gejala seperti sakit kepala, nyeri, lelah dan juga pencernaan terganggu. Jika gejala tersebut datang maka tentunya anda ingin mengurangi efek detoxinifikasi dengan cara mengurangi mengonsumsi kacang, sefrta tidak melaksanakan GAPS secara penuh.

Persiapan Sebelum Memulai Diet
Sediakanlah daging yang diperlukan. Di bawah ini adalah beberapa daging yang saya anjurkan :
Bagian punggung ayam sebagai bahan isiannya ketika anda ingin makan dalam jumlah banyak.
• Seluruh ayam untuk isian dan juga daging jika keluarga anda juga menyukainya.
• Hati Ayam
• Hati Sapi
• Daging domba /kambing
• Lemak domba
• Lemak sapi
• Daging domba
• daging sapi
Sediakanlah ikan jika diperlukan.
• Jenis ikan tangkapan apa saja, termasuk kepalanya, tulang dan juga kulit ikan. (ikan air tawar dan ikan kod)
• Telur ikan

Evaluasi bahan perawatn yang bisa diganti dengan bahan yang lebih alami
• Buatlah deodoran alami
• Sediakanlah shampoo alami
• (cuka apel, cucilah dengan baik pada bagian)
• Sediakanlah sabun alami
• gantilah make up yang natural
• Buatlah lotion buatan
• Gunakanlah pasta gigi alami dan air yang cukup untuk mencuci mulut anda.
• Sediakanlah canister dan juga detox untuk mandi
Deodorant Alami
5 sendok makan minyak kelapa
¾ cangkir baking soda
15 tetes essential oil
Cairkanlah minyak kelapa, lalu tambahkan baking soda serfta minyak essensial. Masukanlah ke dalam tempat deodorant anda atau tempat apa saja yang anda inginkan. Hal ini sangatlah efektif jika saya menggunakannya saat memakai baju yang gelap.

Detox untuk mandi
Detox adalah bagian dari aturan dalam GAPS intro. Anda bisa menggunakan alternative dengan memilih rumput laut, garam inggris, cuka apel dan baking soda.

Kegunaan Salep
Didihkanlah 2 ons lilin. Turunkan panasnya dan tambahkan 14-16 ons minyak kelapa dan tambahkan sedikit minyak virgin untuk anti bacterial.Panas air bisa melelehkan minyak kelapa, namun janganlah menggunakan panas yang berlebihan sebab bisa menghilangkan bahan yang penting dari minyak kelapa. Panas yang dibutuhkan minyak kelapa ialah 76 derajat,.

Jika anda menginginkannya anda bisa mencampurkan 30 tetes essential oil sesuai selera anda, saya menggunakan lavendar. Kamu juga bisa menambahkan bedak herbal namun sebaiknya jalankanlah sesuai kebutuhan.

Aduklah sesekali apalagi saat mencampurkannya dengan essential oil,lilin, dan minyak kelapa dan tumpahkan pada tempat yang telah anda sediakan untuk disimpan. Simpanlah pada ruangan dengan temperature yang baik.

Memulai fermentasi sayur :
• Kimchi
• Acar
• Asinan

Sediakanlah sayuran organik untuk difermentasi walaupun anda harus menggunakan produk konvensional dalam sup

Kimchi
1 buah kol
1 ikat bawang merah
3 wortel
1 buah lobak
1 sendok makan jahe parut
4 siung bawang putih
4 paprika (rasa pedas tergantung selera)
4 sendok makan garam laut
1 sendok makan air dadih di setiap toples (optional)
Buatlah 4 pint toples

Pisahkanlah dari jahe dan wortel untuk diparut, irislah sayur tipis-tipis dan campurkan dengan garam. Simpanlah di toples lalu pukul-pukulkanlah untuk mengeluarkan airnya. Tambahkanlah air dadih pada bagian atasnya lalu tutup dan simpanlah di ruangan yang memiliki temperature yang sesuai. Fermentasikan selama 2-3 hari tanpa membukanya (saya menyimpan fermentasi saya di basement sehingga ia tertutup rapat , dan juga terkadang saya letakkan di konter beberapa kali). Pindahkanlah fermentasi anda di kulkas dan anda bisa menikmatinya langsung atau nanti. Simpanlah dengan wadah tertutup, saya juga menyimpan fermentasi saya di kulkas dan sesekali membukanya.

Acar
bahan:
Selusin mentimun yang berukuran kecil atau cukup 3 buah yang berukuran besar lalu potong memanjang.
2 sendok makan garam laut kasar
2 sendok makan mustard
2 sendok makan dill kering
Air bersih

Petunjuk:
Cucilah mentimun. Untuk mentimun yang kecil bisa anda gunakan tanpa dipotong. Simpanlah ke dalam toples sebanyak yang anda butuhkan. Acar bisa disimpan dengan cara dipadatkan. Campurlah mustard dan dill dalam toples dan tambahkan air ½ inchi di bagian atasnya. Tambahkan 2 sendok teh garam atau sebagai pilihan anda bisa menggantinya dengan jus fermentasi. Tutuplah toples dengan rapat dan letakkan pada ruangan yang memiliki temperature dingin, fermentasikan selama 3-4 hari. Anda bisa mengecek toplesnya untuk memeriksa apakah sudah terasa asam. Pindahkan acar anda ke dalam kulkas dan tutup selama sebulan. Gunakanlah setelah anda membukanya selama beberapa minggu. Memfermentasikan diruangan dingin bisa membuat acar anda lebih renyah.

Asinan
bahan:
1 buah kubis atau kol, baik berwarna hijau maupun ungu
2 sendok makan garam, garam halus juga diperbolehkan
2 quart mouth mason jars (toples)
Food processor atau pisau
Cangkir atau cylinder yang muat pada mason jar, untuk memukul-mukul asinan

Petunjuk:
Buanglah bagian daun terluar dari kol hingga anda mendapatkan bagian dalam yang bersih. Potonglah kol hingga terbagi dua dan masukkan ke dalam food processor atau irislah dengan menggunakan pisau hingga menghasilkan bentuk kol yang memanjang. Masukkan ke dalam toples dan tambahkan 1 sendok the garam di tiap toplesnya. Tutuplah lalu aduk agar garamnya merata. Simpan selama satu jam hingga kol tampak layu. Pukul-pukullah kol tersebut hingga airnya keluar. Tutuplah kembali lalu fermentasikan selama 3 hari sebelum anda pindahkan ke kulkas. Asinan akan siap dimakan setelah fermentasi.

1-2 hari sebelum memulai
• Ayam yang lunak
• Buatlah isian ayam

Kaldu ayam:
Bahan
Ayam
Pilihan: 2 sendok makan thyme, 6 siung bawang puith, 1 siung bawang merah, 1 inchi jahe, beberapa campuran sayur seperti bawang merah, wortel, bagian dalam kol, atau seledri dll.

Petunjuk:
Angkatlah ayam lalu buanglah jeroan yang terdapat pada perut ayam, lalu simpan pada tempat yang anda sediakan.

Isilah baskom dengan ¾ air mineral dan beberapa bahan pilihan serta sayuran. Masaklah dengan tapi yang sedang hingga mendidih, dan perlahan-lahan rendahkan api, tutup dan tunggu hingga 8 jam. Ketika selesai, dinginkanlah lalu tuangkan ke dalam tempat penyimpanan melalui saringan, dan pindahkan ke dalam toples sebelum disimpan didalam kulkas.
Saya menggunakan saringan dengan ukuran 4 cangkir. Ini bisa memudahkan pemindahannya ke toples, saya menyaring 1 toples sekali, bersihkanlah saringan sesering mungkin selama proses penyaringan.

Janganlah buang bagian yang terlihat seperti gel di bagian tulang dan kulitnya, Simpanlah dan gunakan nantinya pada sup anda setelah dihancurkan melalui blender.
Lemaknya mungkin akan terangkat di bagian atas panci saat anda memasaknya yang nantinya bisa anda gunakan untuk dicampurkan pada sup.

Ambil semua daging yang melengket pada tulang, daging itu bisa anda campurkan pada sup. Sisa tulang yang anda bisa anda buang.

Persiapan Makanan Inti

Mempersiapkan sayur secepatnya dalam memulai GAPS akan mempermudah anda. Sayuran anda bisa di bekukan atau diletakkan pada ziplock.
Yang perlu disediakan:
• 6-12 labu
• 6 bawang prei
• 1 ikat daun bawang
• 10 bawang kuning dan putih
• 3 buah brokoli ( 3 buah organic bisa digunakan)
• 3 buak kembang kol
• Herbal segar : kemangi, dill, thyme (pengharum makanan), sage, rosemary
• 3-5 siung bawang putih

Persiapan:
• kupaslah labu dan potong-potonglah. Keluarkan bagian yang lembek pada labu dan campurkan pada sup, didihkan dan kemudian hancurk-hancurkanlah.
• Cuci dan bersihkanlah bagian bawah daun prei dan potonglah tipis-tipis..
• potonglah brokoli hingga terpisah dengan batangnya dan simpanlah sesuai keinginan anda.
• potonglah kembang kol lalu simpanlah
• Cucilah herbal, keringkan dan bersihkan. Bekukanlag di dalam kulkas agar bisa diremukkan ke dalam sup.
• Kupaslah bawang putih, dinginkan tanpa dihancurkan. Bawang putih bisa dihancurkan tanpa dicairkan.

Bagaimana Saya Tahu Ketika Saatnya harus beralih ke Tahap Selanjutnya pada GAPS Intro?

Dr Natasha merekomendasikan untuk beralih dengan cepat ke intro, dan juga mencoba makanan baru dan melihat reaksinya. Jika perlu kembalilah ke tahap sebelumnya selama beberapa hari / minggu dan kemudian coba lagi. Beberapa orang yang memiliki kasus kejang, autisme, dan yang memiliki masalah pencernaan mungkin perlu untuk tinggal cukup lama di beberapa tahapan dari yang lain. Secara pribadi, saya bisa menyembuhkan alergi susu saya hanya dengan melalui diet pengenalan dalam jangka yang cepat, dalam waktu sekitar 4 minggu.
Sedangkan anak saya di sisi lain, harus tinggal di tahap 5 sejak terakhir kali kami melakukan diet Intro. Setiap kali saya mencoba untuk memberinya madu atau buah, dia memperlihatkan gejalanya kembali.

Gejala dapat berupa perilaku atau tanda fisik, perhatikan lah beberapa hal yang mungkin terjadi :

• Diare
• Sembelit
• Impulsif
• Otak Kabut
• Kelelahan
• Sakit kepala
• Perut terganggu
• Eksim
• Ruam
• Perilaku agresif
• Depresi
• Kehilangan kontak mata (dan gejala autisme lainnya)
• Stimming (gejala autisme)

Untuk resep hariannya silahkan silahkan di buka di playstore dengan keyword Terapi GAPS Diet Sehat.
link : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.gaps.diet
atau hubungi di contact kami.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.