Ketahui Penyebab Kelahiran Prematur Agar Anak Tidak Prematur

No Comments
Blog Dokter - Memiliki bayi merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami istri. Penantian munculnya janin dalam rahim bukanlah suatu perkara yang mudah. Biasanya harus melewati tahap kesabaran ekstra untuk bisa membuat janin tersebut benar-benar ada dalam rahim. Ketika seorang ibu sudah dinyatakan positif hamil, tentu saja rona haru bahagia menyelimuti pasangan. Tentu saja harapannya bayi bisa lahir tepat pada waktunya dan dalam keadaan sempurna dan sehat. Namun bagaimana jika bayi lahir premature? Tentu saja ini mengundang sejurus ketakutan pada bapak dan ibu calon bayi. Lalu, apa penyebab kelahiran prematur tersebut? tentu saja ini pertanyaan yang seringkali terpendam di benak para ibu-ibu.

  Penyebab Kelahiran Prematur  

Penyebab Kelahiran Prematur

Persalinan prematur biasanya terjadi saat usia kehamilan memasuki usia 37 minggu atau jauh dari sebelum perkiraan bayi tersebut dilahirkan. Bayi yang lahir ke dunia dalam keadaan prematur biasanya menderita berbagai masalah kesehatan dan terkesan serius dibandingkan dengan bayi lahir sesuai dengan masanya. Namun hingga saat ini Penyebab Kelahiran Prematur pun masih belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi banyak faktor yang mampu memicu persalinan secara prematur tersebut terjadi. Salah satunya yaitu gaya hidup yang dilakoni oleh ibu bayi. Gaya hidup sang ibu tentu saja akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap bayi yang sedang dikandungnya dan hal tersebut pemicu terbesar terjadinya persalinan prematur. Beberapa gaya yang kurang sehat dan biasanya dilakoni oleh ibu bayi di antaranya merokok, mengonsumsi obat-obatan terlarang, minum minuman keras dan lain-lain. Di samping itu, kondisi tubuh yang stres dan tidak stabil juga memiliki pengaruh yang besar terhadap bayi.
Penyebab Kelahiran Prematur selanjutnya yang seringkali terjadi adalah infeksi yang terjadi pada air ketuban atau pun selaput pembungkus bayi sehingga menyebabkan air ketuban pecah sebelum pada waktunya. Akibatnya, tubuh si ibu akan bereaksi dan mengalami suatu kontraksi sehingga menimbulkan gejala persalinan. Ada beberapa bukti yang telah menyebutkan bahwasanya infeksi yang mampu mempercepat suatu persalinan tidak hanya terjadi pada air ketuban, rahim, atau pun selaput pembungkus bayi. Terjadinya infeksi pada gigi pun juga mampu membuat bayi mengalami proses kelahiran yang lebih cepat dan jauh sebelum waktunya.

Jangan Lewatkan Tahap Pertumbuha Bayi :

Nah bagi para calon ibu sebaiknya memperhatikan kesehatan dan juga jeli terhadap makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Hal tersebut bisa berdampak pada kondisi bayi yang sedang dikandungnya. Penyakit yang seringkali menyerang manusia seperti darah tinggi, diabetes, dan anemia juga memberikan pengaruh buruk terhadap janin dan memicu terjadinya persalinan prematur. Mungkin sebagian orang belum begitu memahami akan hal itu. Namun inilah poin penting yang justru harus diketahui dan dipahami supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada calon buah hati. Nah sahabat inti-kesehatan.blogspot.com, itu tadi beberapa penyebab bayi lahir prematur yang wajib kalian ketahui.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.