5 Tips Mudah Merawat Luka Ringan

No Comments
Blog Dokter - Tips Merawat Luka Ringan - Terluka, hal ini tentunya sering dialami oleh semua orang. Baik luka ringan maupun luka parah, sebenarnya sama-sama memiliki resiko dan juga efek negatif. Luka parah jika sigap ditangani maka akan cepat sembuh, namun jika luka ringan tidak segera ditangani, justru dapat berakibat fatal karena masalah tersebut dapat menjadi besar.

Luka ringan seperti terjatuh, terbakar atau terkena bakteri, hal ini jika didiamkan terlalu lama maka akan berakibat sangat fatal. Mulai dari bekas yang tak kunjung hilang, bahkan hingga infeksi yang dapat membahayakan tubuh. Untuk mengatasi luka ringan, ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah luka ringan akibat terbakar atau terkena knalpot. Maka anda sebaiknya melakukan tips merawat lukar ingan secara alami :

  Tips Sederhana Merawat Luka Ringan  

Tips Mudah Merawat Luka Ringan

Inilah Lima Cara Merawat Luka Ringan

1. Manfaatkan tumbuhan lidah buaya

Lidah buaya tumbuhan ini merupakan tumbuh yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Pengobatan memanfaatkan tumbuhan ini merupakan salah satu pengobatan rumah paling paling ampuh untuk mengatasi masalah luka bakar.

Gel yang dimiliki oleh lidah buaya, bermanfaat untuk mendinginkan rasa panas akibat luka bakar, selain itu zat baik didalamnya juga bermanfaat untuk meremajakan kulit. Cara menggunakannya adalah : Potong lidah buaya, kemudian oleskan bagian gel atau lendir dagingnya pada luka secara berkala hingga mengering.
2. Madu

Madu, bahan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan. Madu merupakan bahan yang kaya akan antiseptik serta sifat penyembuhan. Madu memiliki efek menenangkan untuk luka bakar, selain itu bahan ini juga bermanfaat memudarkan warna gelap akibat luka bakar.

3. Minyak Zaitun

Dalam dunia kecantikan, bahan yang satu ini memang sangat terkenal. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering, namun selain itu minyak zaitun juga bermanfaat sebagai bahan pengobatan luka bakar ringan. Memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi luka bakar dengan segera, terbukti mampu meredakan rasa panas dan sakit akibat luka tersebut.

4. Kulit Pisang

Kulit pisang , mulai saat ini jangan remehkan limbah yang satu ini. Tidak hanya buahnya yang nikmat, namun kulit pisang juga terbukti ampuh mengurangi rasa sakit pada bagian luka yang terbakar. Beberapa pakar menyarankan agar, kulit pisang diaplikasikan pada bagian luka hingga warnanya menghitam.

5. Cuka

Sudah sejak lama bahan yang satu ini dipercaya ampuh mengatasi luka ringan. Sudah banyak orang memanfaatkan bahan yang satu ini untuk menyembuhkan luka akibat terbakar. Caranyacukup mudah, anda hanya tinggal mengompres luka bakar dengan cairan cuka yang telah diresapkan pada kain bersih. Untuk menghilangkan rasa sakit yang terus menjadi, kompresan harus lebih diperbanyak agar rasa nyeri dan perih lekas menghilang.

Baca Juga :
Nah, itulah cara merawat luka ringan, semoga dengan tips ini sahabat inti-kesehatan.blogspot.com dapat mengambil langkah yang baik untuk melakukan perawatan pada luka ringan.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.